Kritik dan Esai "Ulama Durna Ngesok ke Istana"

 Nama: Anita Eka Syalina

Nim   : 175200075


“Ulama Durna Ngesot ke Istana

           Puisi :  M. Shoim Anwar


 Lihatlah

sebuah panggung di negeri sandiwara

ketika ada Ulama Durna ngesot ke istana

menjilat pantat raja agar diberi jatah remah-remah

maka kekuasaan menjadi sangat pongah

memesan potongan-potongan ayat untuk diplintir sekenanya

agar segala tingkah polah dianggap absah


Lihatlah

ketika Ulama Durna ngesot ke istana

menyerahkan marwah yang dulu diembannya

Sengkuni dan para pengikutnya di luar sana

bertingkah sok gagah berlindung di ketiak penguasa

menunggang banteng bermata merah

mengacungkan arit sebagai senjata

memukulkan palu memvonis orang-orang ke penjara

 

Lihatlah

ketika Ulama Durna berdagang mantra berbusa-busa

adakah ia hendak menyulut api baratayuda

para pengikutnya mabuk ke lembah-lembah

tatanan yang dulu dicipta oleh para pemula

porak poranda dijajah tipu daya

oh tahta dunia yang fana

para begundal mengaku dewa-dewa

sambil menuding ke arah kawula

seakan isi dunia hendak diuntal mentah-mentah

 

Lihatlah

ketika Ulama Durna ngesot ke istana

pada akhir perebutan tahta di padang kurusetra

ia diumpankan raja ke medan laga

terhenyaklah saat terkabar berita

anak hasil perzinahannya dengan satwa

telah gugur mendahului di depan sana

Ulama Durna bagai kehilangan seluruh belulangnya

ia menunduk di atas tanah

riwayatnya pun berakhir sudah

kepalanya terpenggal karena terpedaya

menebus karmanya saat baratayuda

                                                   Desember 2020

Puisi M. Shoim Anwar yang berjudul “Ulama Durna Ngesot ke Istana” menceritakan tentang sosok tokoh ulama Durna yang menggadaikan gelarnya kepada pemerintahan demi keuntungan dan kepentingan beberapa pihak, memanipulsi ilmunya untuk menggaet kepercayaan segerombolan orang untuk mengikutinya. Berdasarkan bentuknya, puisi tersebut memiliki empat bait, setiap bait memiliki jumlah baris yang berbeda dan selalu diawali dengan kata lihatlah. Setiap bait memiliki akhiran rima yang cukup seragam yakni “a” dan “h” sehingga menambah estetik bentuk puisi. Berikut uraian makna tiap bait puisi M. Shoim Anwar yang berjudul “Ulama Durna Ngesot ke Istana”

 Pada puisi yang berjudul Ulama Durna Ngesot Ke Istana karya M.Shoim Anwar memiliki 4 bait. Pada bait ke-1 terdapat 7 baris, bait ke-2 terdapat 8 baris, bait ke-3 terdapat 10 baris, dan bait ke-4 terdapat 12 baris. Pada setiap baris memiliki kata yang bermakna berkaitan dengan kehidupan nyata saat ini.

 Lihatlah

sebuah panggung di negeri sandiwara

ketika ada Ulama Durna ngesot ke istana

menjilat pantat raja agar diberi jatah remah-remah

maka kekuasaan menjadi sangat pongah

memesan potongan-potongan ayat untuk diplintir sekenanya

agar segala tingkah polah dianggap absah

Pada bait pertama puisi tersebut kita akan di perlihatkan Bagaimana orang-orang  melakukan segala sesuatu demi sebuah kedudukan dan kekuasaan. Bait tersebut menjelaskan tentang tokoh bernama Durna yang berlebel ulama menjilat raja agar mendapatkan segala bentuk keinginannya. Sungguh miris bukan, tokoh yang dilabeli dengan kata ulama menjilat dan menjual agama demi kepentingannya. Segala cara dilakukan termasuk menjual ayat-ayat yang dianggap sucipun diseret demi kelancaran akal bulusnya. Lihatlah pada baris ke tiga dan empat ini Ketika ada ulama Durna Ngesot ke istana//Menjilat pantat raja agar diberi jatah remah-remah. Pada baris ke tiga dan ke empat tersebut menunjukan tetang seorang ulama yang dengan sadar merangkak-rangkak kedalam lingkaran istana untuk mendapatkan kekuasaan

Lihatlah

ketika Ulama Durna ngesot ke istana

menyerahkan marwah yang dulu diembannya

Sengkuni dan para pengikutnya di luar sana

bertingkah sok gagah berlindung di ketiak penguasa

menunggang banteng bermata merah

mengacungkan arit sebagai senjata

memukulkan palu memvonis orang-orang ke penjara

  Bait kedua menggambarkan sosok ulama Durna yang datang ke pemerintah dengan menggadaikan kehormatannya. Ulama dengan para pengikut yang dia peroleh dari hasil menjual gelar dan dalil-dalil yang digunakan sebagai senjata untuk menghakimi semua orang yang dianggapnya musuh.


Lihatlah

ketika Ulama Durna berdagang mantra berbusa-busa

adakah ia hendak menyulut api baratayuda

para pengikutnya mabuk ke lembah-lembah

tatanan yang dulu dicipta oleh para pemula

porak poranda dijajah tipu daya

oh tahta dunia yang fana

para begundal mengaku dewa-dewa

sambil menuding ke arah kawula

seakan isi dunia hendak diuntal mentah-mentah

Bait ketiga menggambarkan Ulama Durna yang menjual dalil-dalil untuk memperkeruh suasana, para pengikutnya jatuh ke dalam sistem yang diciptakan oleh pemerintahan yang kurang memiliki kompeten. Kerusuhan terjadi di mana-mana akibat tipu daya, semua orang berupaya memperoleh kedudukan di dunia yang tidak kekal. Para penjilat mengaku sebagai pemimpin seakan dialah yang akan menguasai dunia.

Lihatlah

ketika Ulama Durna ngesot ke istana

pada akhir perebutan tahta di padang kurusetra

ia diumpankan raja ke medan laga

terhenyaklah saat terkabar berita

anak hasil perzinahannya dengan satwa

telah gugur mendahului di depan sana

Ulama Durna bagai kehilangan seluruh belulangnya

ia menunduk di atas tanah

riwayatnya pun berakhir sudah

kepalanya terpenggal karena terpedaya

menebus karmanya saat baratayuda

Bait keempat menggambarkan ulama Durna yang justru dijadikan umpan oleh para pemerintah saat perebutan kedudukan, tetapi dia justru mengalami kekalahan. Inilah karma yang dia dapat, apa yang dia tanam itulah yang akan dia tuai, jika dia menanam keburukan maka kehancuranlah yang akan dia terima.

Kaitannya dengan kehidupan jaman sekarang ialah banyak orang yang ingin menjadikan dirinya seorang pemimpin. Tapi mereka lupa akan kewajibannya menjadi seorang pemimpin itu seperti apa. dan banyak para pemimpin tercipta dari tangan-tangan kotor dan menjadikan mereka pemimpin yang tidak jujur hanya besar di mulut tapi tidak ada hasilnya.

By: Anita Eka Syalina (175200075)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mendalami Puisi-puisi Karya Wiji Thukul

Mendalami Cerpen ''Setan Banteng" Karya Seno Gumira Ajidarma

Kritik dan Esai Cerpen